KNOWLEDGE + EXPERIENCE = SOLUTION

Senin, 03 Oktober 2011

RAJA DAN RATU RAYAP

Raja dan ratu rayap adalah kasta reproduktif pada suatu koloni rayap. Raja dan ratu rayap terbentuk melalui beberapa cara. Pertama terbentuk dari sepasang laron yang memisahkan diri dari sarang, bersialang atau swarming ke luar sarang untuk membentuk koloni baru, disebut kasta reproduktif primer. Kedua terjadi karena umur yang terlalu tua atau mati dan digantikan oleh sepasang rayap pengganti. Dan yang ketiga terjadi karena pemisahan dari koloni induk atau terputusnya jalur karena terlalu jauh atau sebab lainnya. Rayap pengganti ini disebut neoten dan termasuk katagori kasta reproduktif suplementer.
Pada awal pembentukan koloni, sepasang raja dan ratu rayap melakukan perkawinan atau kopulasi. Perut (abdomen) ratu rayap mengalami pembesaran dari setiap ruasnya setelah melakukan perkawinan yang disebut Physogastric. Ini terjadi karena mulai terjadi pembentukan telur. Dan terus mengalami pembesaran seiring umur ratu rayap.
Masa puncak reproduksi ratu rayap dapat bertelur 30 ribu sampai 36 ribu telur setiap hari dan umur ratu rayap dapat mencapai 20 tahun. Umur ratu rayap biasanya lebih panjang bila dibandingkan dengan umur raja rayap. Ratu rayap mempunyai kantung sperma (spermateka) untuk menyimpan sperma pejantan. Sehingga ratu rayap masih bisa menghasilkan telur tanpa raja rayap selama masih menyimpan sperma dalam spermateka.





Tidak ada komentar: